Jenis Bahan Batik

Jenis Kain



Jenis kain menentukan harga dan proses apa yang akan digunakan. Jenis kain menentukan juga apa yang akan kita produksi. Contoh jenis yang akan diproduksi meliputi celana, atasan, bawahan, rok, casual, dan lain sebagainya. Mari kita lihat berbagai jenis kain yang sering ada dipasaran.

Pilihan yang tepat untuk produksi batik anda bisa konsultasikan kepada kami. Kami sangat bersedia untuk sharing bagaimana estetika batik dibuat. Check beberapa bahan batik yang kami jelaskan dibawah ini.
Kain Biru

Kain yang biasa digunakan untuk batik cap atau printing. Biasa dan nyaman digunakan untuk seragam batik kantor atau sekolah karena strukturnya yang adem dan tidak terlalu rapat sekaligus murah. Kualitas pewarnaan baik. Kualitas Kain Biru termasuk kain batik yang baik. Struktur kain prima biasa orang menyebut 60/70.
Kain Prima

Kain yang biasa digunakan untuk batik cap atau printing. Biasa dan nyaman digunakan untuk seragam batik kantor atau sekolah karena strukturnya yang adem dan tidak terlalu rapat. Kualitas pewarnaan lebih baik dan lebih tegas daripada kain yang lainnya. Kualitas prima termasuk kain batik yang baik. Struktur kain prima biasa orang menyebut 70/90.
Kain Primisima

Kain yang biasa digunakan untuk batik cap atau printing. Biasa dan nyaman digunakan untuk pakaian formal kondangan atau kemeja. Biasa juga untuk blouse dan rok bawahan. Kain tipe primisima atau primis bersifat rapi Kualitas pewarnaan baik dan agak sedikit mengkilap. Kualitas prima termasuk kain batik yang super baik. Struktur kain prima biasa orang menyebut 120+/90+
Kain Rayon / Santung

Kain yang biasa digunakan untuk daster, longdress, rok pantai, dan kemeja pantai. Biasa dan nyaman digunakan untuk pakaian santai bisa untuk tidur juga. Biasa juga untuk blouse dan rok bawahan yang bersifat tidak formal alias casual. Kain tipe santung rayon bersifat jatuh Kualitas pewarnaan baik dan lebih terang. Kualitas rayon santung termasuk kain batik yang agak berat. Struktur kain rayon juga bermacam macam.
Kain Sutera

Kain yang biasa digunakan untuk batik tulis kemeja, bawahan rok, dan selendang. Biasa dan nyaman digunakan untuk kondangan dan untuk koleksi para kolektor. Kelebihan kain ini sangat halus, lembut, adem, nyaman, dan menyerap kain dengan baik. Kekurangannnya yaitu untuk pria dilarang. Kain sutera ini dibuat dari bahan ulat sutera dan ditenun menggunakan mesin ATBM (alat tenun bukan mesin).
Kain Dobi

Kain yang biasa digunakan untuk batik cap atau tulis. Biasa dan nyaman digunakan untuk seragam batik kantor atau sekolah karena strukturnya yang adem dan tidak terlalu rapat. Kualitas pewarnaan lebih baik dan lebih tegas daripada kain yang lainnya. Kualitas Kain Dobi termasuk kain batik yang baik. Struktur Kain Dobi biasa orang menyebut kain batik bermotif seperti tenun.
Kain Paris

Kain yang biasa digunakan untuk batik kerudung dan sebagian orang membuat lingerie. Biasa dan nyaman digunakan untuk kerudung karena dingin ketika menyentuh kulit. Kain ini agak transparan dan jatuh, sehingga cocok untuk pakaian penggoda sebagian wanita. Selain itu juga bisa digunakan untuk furing kemeja. Bahan paris ini dingemari oleh hijabers.
Kain Serat Nanas

Kain yang biasa digunakan untuk kemeja etnik. Biasa dan nyaman digunakan untuk pakaian formal. Biasa juga untuk kemeja, blouse,dan rok bawahan yang bersifat tidak formal alias casual. Kain Serat Nanas bersifat kaku karena cenderung tidak diproses pabrik. Kualitas pewarnaan agak kusam. Kualitas Kain Serat Nanas digebari oleh kalangan tertentu.

Pesan Seragam Batik Sekarang

X
Klik disni
Butuh Bantuan?
Halo, butuh bantuan?
Tanyakan apapun kepada kami.